Makanan Asam Urat Kolesterol

Di pasaran, beredar obat untuk rematik dan asam urat. Namun obat tersebut hanya mengatasi rasa sakit untuk sementara waktu. Setelah beberapa saat, rasa sakit atau rasa nyeri atau sakit timbul kembali. Obat yang dapat mengurangi kadar asam urat yang berlebihan dalam darah juga belum ada. Yang tersedia adalah obat untuk menekan produksi asam urat. Pastinya obat tersebut tidak sepenuhnya aman. Diketahui konsumsi pain killer yang berkepanjangan bisa mengakibatkan kerusakan lambung danĀ  ketergantungan obat. Melihat faktor pemicu rematik dan asam urat, sebenarnya Anda dapat mengontrol kesehatan sendiri dan makanan asam urat kolesterol yang dikonsumsi setiap hari sebelum terjadinya serangan yang lebih berbahaya. Perawatan sendiri merupakan usaha yang paling mudah dan tentunya aman.

Salah satu pengobatan bagi penderita asam urat adalah disarankan untuk menjalankan diet atau pengaturan menu makanan. Tujuan diet tersebut untuk mengurangi pembentukan asa urat, menurunkan berat badan bila penderita terlalu gemuk, serta mempertahankan berat badan dalam batas normal. Untuk mencapai tujuan tersebut, ada beberapa syarat pemberian makanan asam urat kolesterol yang harus mencukupi kebutuhan gizinya, yaitu :

  1. Rendah purin, dalam keadaan normal, kadar purin makanan dapat mencapai 600-1.000 mg/hari, sedangkan dalam diet rendag purin, dianjurkan untuk mengonsumsi 120-150 mg purin/hari.
  2. Cukup kalori, protein, mineral dan vitamin
  3. Tinggi hidrat arang untuk membantu pengeluaran asam urat.
  4. Kandungan lemak sedang karena lemak cenderung menghambat pengeluaran asam urat serta
  5. Mengandung banyak cairan untuk membantu mengeluarkan kelebihan asam urat.

Makanan asam urat kolesterol yang harus dihindari penderita asam urat adalah :

  1. Minuman beralkohol
  2. Ragi
  3. Makanan yang diawetkan dalam kaleng, seperti kornet dan sarden
  4. Sayuran terlebih seperti bayan, asparagus, dan kembang kol
  5. Sup kental dan soto sulung
  6. Kerang, cumi-cumi
  7. Jengkol, petai, melinjo
  8. Jantung, hati, kornet sapi, usus, limpa, paru, otak dan bebek.

Makanan/minuman yang bisa dikonsumsi penderita asam urat adalah :

  1. Daging atau ayam, ikan tongkol, tenggiri, bawal, bandeng 50 gram sehari.
  2. Sayur dan buah
  3. The, kopi, minuman bersoda.

Konsumsi lemak berlebihan sebaiknya tak dilakukan karena lemak akan mengganggu ekskresi asam urat. Oleh sebab itu batasi konsumsi santan, daging berlemak, margarine, mentega atau makanan yang diolah dengan minyak. Disarankan asupan lemak hanya sebanyak 15 persen dari total kalori. Orang sehat dianjurkan mengonsumsi lemak maksimal 25 persen dari total kalori. Pada dasarnya pembakaran lemak menjadi kalori akanĀ  meningkatkan keton darah (ketosis) dan hal ini akan menghambat pembuangan asam urat melalui urine.

Asupan protein dianjurkan secukupnya dan tak berlebihan, sedangkan konsumsi karbohidrat perlu diperhatikan. Karbohidrat mempunyai tendensi untuk meningkatkan pengeluaran asam urat via urine. Namun sebaiknya dikonsumsi adalah karbohidrat kompleks.


=====================================

>>> Kapsul Sidaguri, TERBUKTI Membantu Meredakan Pegal Linu, Nyeri Sendi Dan Membantu Menurunkan Kadar Asam Urat, Klik Detail Disni!
=====================================


This entry was posted in Makanan Pantangan Asam Urat and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>