Makanan Pantangan Bagi Penderita Asam Urat

Asam urat dapat dikatakan sebagai penyakit yang termasuk dalam jenis penyakit rematik sendi. Asam urat merupakan penyakit yang cukup fenomenal di kalangan masyarakat di Indonesia. Mengapa asam urat dikatakan demikian?? asam urat timbul disebabkan karena gaya hidup, pola makan yang tidak teratur dan kebiasaan buruk yang menjadi kebiasaan utama seperti perokok aktif, konsumsi minuman yang tinggi alkohol, konsumsi minuman yang mengandung kadar kafein tinggi tanpa terkendali. Penyebab-penyebab tersebut merupakan sebab umum dari banyaknya penyebab yang ada.

Adapula faktor lainnya yang menyebabkan seseorang mudah sekali terkena serangan asam urat seperti adanya kemungkinan faktor genetika atau keturunan dari adalah satu anggota keluarga yang menderita atau memiliki riwayat penyakit asam urat. Dahulu asam urat dikenal sebagai penyakit yang hanya menyerang orang kaya saja, karena mereka terbiasa makan-makanan serba enak dengan kadar kolesterol, lemak, dan tinggi purin sehingga menyebabkan asam urat mudah timbul, makanan seperti jeroan, daging merah, konsumsi alkohol dsb.

Kadar normal asam urat dalam darah jika untuk pria adalah 3,4 – 7 mg/dL dan untuk wanita sekitar 2,4 – 6 mg/dL. Seseorang dapat dikatakan terserang asam urat apabila kadar asam uratnya melebihi batas normal diatas 7 mg/dL, kadar asam urat yang stabil dan normal baik pria maupun wanita sekitar 5 mg/dL.

Purin yang merupakan zat yang menyusun DNA dan RNA tubuh yang dapat diubah menjadi asam urat. Purin banyak terdapat pada makanan yang mengandung protein tinggi. Purin merupakan salah satu penyebab utama dari timbulnya asam urat. Semakin tinggi pemasukan zat purin maka produksi asam urat juga semakin meningkat. Untuk itu selalu disarankan untuk mengurangi atau mengendalikan kadar purin yang terdapat pada makanan. Meskipun begitu tubuh tetap membutuhkan protein namun tetap harus diseimbangkan dengan komponen nilai gizi, dan nutrisi untuk mengurangi pembentukan asam urat. Dalam 1 hari kadar purin yang terdapat pada makanan dapat mencapai 600-1000 mg/dL, dan untuk diet rendah purin dibatasi sekitar 120-150 mg purin.

Berikut jenis makanan dengan kandungan purin tinggi yang dapat meningkatkan kadar asam urat darah :

- jeroan, seperti hati, usus, limpa, babat, paru, jantung, dan otak
- ekstrak daging/kaldu, daging bebek, angsa, burung
- udang, kerang, kepiting, dan cumi-cumi
- makanan yang diawetkan seperti sarden, kornet, kaldu
- melinjo dan olahannya seperti emping
- kacang-kacangan yang dikeringkan beserta olahannya, seperti kacang tanah, kedelai, kacang hijau, kacang merah kering, taoge, tempe, tahu , oncom, tauco, dan susu kedelai.
- Sayuran dan buah tertentu, seperti bayam, kangkung, daun singkong, asparagus, buncis, kembang kol, daun jambu mete, nanas, durian, alpukat dan air kelapa.
- Minuman beralkohol, seperti bir, wiski, minuman anggur, tuak, tape, ragi, dan minuman hasil fermentasi lainnya.

Tak hanya makanan yang tinggi purin yang harus dikurangi atau dibatasi, namun makanan yang mengandung lemak tinggi pun harus dikendalikan agar tidak menghambat pengeluaran asam urat melalui urine.

Penderita asam urat juga tetap harus memperhatikan dan mencukupi nilai gizi, protein, kalori, vitamin dan komponen nilai gizi lainnya secara seimbang yang dibutuhkan oleh tubuh. Guna membantu untuk mengendalikan kadar asam urat dalam darah dan mengeluarkan asam urat yang berlebih lewat pembuangan urine. Tentunya dengan mengurangi makanan yang mengandung tinggi purin dan lemak jenuh.

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang disarankan baik dikonsumsi oleh penderita asam urat :

- Sumber karbohidrat, seperti beras/nasi, jagung, ubi jalar, dan kentang semua boleh diberikan.

- Sumber protein hewani kecuali yang mengandung purin tinggi. Ikan air tawar seperti gurame, mujair dan ikan mas semua boleh dikonsumsi, ikan laut kecuali yang kandungan purinnya tinggi, daging atau ayam dan telur boleh dikonsumsi tapi dibatasi hanya 50 gr perhari.

- Protein nabati seperti tempe dan tahu mengandung purin cukup tinggi, sebaiknya pengkonsumsiannya dibatasi sekitar 25-50 gr saja perhari.

- Sayuran : Pare, seledri, dan takokak merupakan sayuran yang sangat baik untuk artritis termasuk gout artritis/asam urat. sayuran lain seperti wortel, sawi, labu, selada, ketimun, dan lainnya sekehendak kecuali yang mengandung purin tinggi seperti yang telah disebutkan.

- Buah : Hampir semua buah-buahan baik dikonsumsi oleh penderita asam urat terutama yang mengandung air tinggi seperti semangka karena mempunyai efek diuretik yang dapat membantu mengeluarkan asam urat melalui urin. Buah-buahan yang lain juga dapat dikonsumsi kecuali durian, nenas, alpukat dan air kelapa karena buah-buahan tersebut di dalam usus dapat difermentasi menjadi alkohol.


=====================================

>>> Kapsul Sidaguri, TERBUKTI Membantu Meredakan Pegal Linu, Nyeri Sendi Dan Membantu Menurunkan Kadar Asam Urat, Klik Detail Disni!
=====================================


This entry was posted in Makanan Pantangan Asam Urat and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>