Makanan Untuk Penderita Asam Urat

Makanan untuk penderita asam urat – menjaga kesehatan untuk orang yang menderita penyakit asam urat sangat dibutuhkan perhatian yang khusus, misalnya pada gaya hidup dan makanan yang dikonsumsi. Penyakit asam urat adalah jenis artritis yang sangat menyakitkan yang disebabkan oleh penumpukan kristal pada persendian, akibat dari tingginya kadar asam urat didalam tubuh. sendi yang sering diserang pada penderita asam urat misalnya pada jari-jari kaki, dengkul, tumit, pergelangan tangan, jari tangan siku. Dan selain itu nyeri pada penyakit asam urat dapat membuat persendian membengkak, meradang, serta panas dan kaku. Sebagian besar penyakit asam urat disebabkan oleh ketidakmampuan ginjal membuang asam urat secara tuntas dari dalam tubuh melalui air seni. Dan penyebab lainnya disebabkan karena tubuh memproduksi asam urat secara berlebihan, maka dari itu harus lebih diperhatikan makanan untuk penderita asam urat.

Makanan untuk penderita asam urat

Makanan yang Dilarang untuk Penderita Asam Urat:

  • Banyaknya mengkonsumsi makanan seafood yang berasal dari laut seperti, kerang karena makanan hewani ini sangat kaya akan purin, yang dapat terurai menjadi asam urat yang ada pada dalam tubuh. Ada baiknya mengkonsumsi makanan laut secara dibatasi paling banyak 3-6 ons setiap harinya.
  • Sebaiknya menghindari makanan seperti ikan teri, tuna dan ikan asin, ada beberapa jenis makanan laut yang dapat dimakan sesekali, namun khusus untuk ikan teri, tuna dan ikan asin harus sangat dihindari sepenuhnya, ada hewan laut lainnya yang aman untuk dikonsumsi seperti udang, lobster, belut, dan kepiting.
  • Mengkonsumsi jeroan hati dan ginjal adalah termasuk makanan yang sangat dilarang bagi penderita asam urat dan harus dihindari.
  • Mengkonsumsi asparagus, sayuran hijau lainnya seperti kembang kol, bayam, dan jamjur terdapat lebih tingginya purin dibandingkan dengan sayuran lainnya, akan tetapi jika anda suka makanan ini, tidak ada alasan untuk dapat menghindari sayuran tersebut sepenuhnya. Karena tubuh kita akan lebih mudah membuang purin dari sumber nabati.
  • Mengkonsumsi soft drink, sbaiknya menghindari minum-minuman yang manis dengan tinggi fruktosa sirup jagung, seperti yang terdapat pada soda non diet. Oleh karena itu pemanis akan merangsang tubuh untuk memproduksi lebih¬† banyaknya asam urat.
  • Mengkonsumsi bir, minuman bir adalah minuman yang berbahaya untuk penderita asam urat, karena dapat meningkatkan asam urat dan akibat lainya juga dapat membuat tubuh menjadi sulit untuk membersihkan kelebihan asam urat dari dalam tubuh. Wine adalah jenis bir yang lebih baik untuk dikonsumsi akan tetapi meminum wine terlalu sering dan banyak bukan merupakan ide yang baik. Maka dari itu harus dihindari mengkonsumsi alkohol seecara berlebihan.
  • mengkonsumsi makanan sejenis kacang-kacangan, makanan yang mengandung kacang-kacangan seperti oncom, tauco, tempe, kacang hijau, kacang tanah, melinjo, emping, dan tauge semua ini bisa beresiko menimbulkan asam urat yang tinggi, maka dari itu harus menghindari makanan yang mengandung kacang-kacangan.
  • Mengkonsumsi daging merah, pada umumnya semua daging diciptakan dengan kandungan purin yang berbeda-beda. Karena pada umumnya daging putih lebih baik dari pada daging merah, akan tetapi tidak menjadi masalah untuk mengkonsumsi beberapa jenis daging merah sesekali. Anda dapat memilih jenis daging merah seperti sapi dibandingkan dengan kalkun, kambing dan domba.

Macam-macam Makanan untuk Penderita Asam Urat adalah :

Pertama makanan untuk penderita asam urat dengan menggunakan cokelat hitam, coklat hitam mengandung senyawa teobromin yang sangat baik untuk membantu menghilangkan penyakit asam urat dan menjaga kadar asam urat yang ada di dalam tubuh.

Kedua makanan untuk penderita asam urat dengan menggunakan sayuran tomat, brokoli, dan mentimun adalah sayuran tersebut harus dimasukkan dalam daftar diet makanan sehat anda.

Ketiga makanan untuk penderita asam urat menggunakan sayuran mentah, guna  untuk mengurangi asam urat yang ada didalam tubuh sayuran tersebut seperti jagung dan kentang, namun jika anda tidak bisa memakan jagung dan kentang secara mentah cobalah untuk mengkonsumsi dengan cara ditim (uap) hal ini merupakan makanan untuk penderita asam urat.

Keempat makanan untuk penderita asam urat lainnya adalah menggunakan cuka apel, cuka apel dapat berkhasiat sebagai penghilang rasa sakit pada penderita asam urat cara penggunaan nya adalah sediakan cuka apel, kemudian tambahkan cuka apel 3 sendok teh cuka apel pada 8 ons air untuk diminum pada waktu 2-3 kali sehari secara rutin hal ini merupakan makanan untuk penderita asam urat.

Kelima makanan untuk penderita asam urat selanjutnya dengan menggunakan buah ceri, karena didalam buah ceri terdapat kandungan zat anti inflamasi bernama antosianin yang berfungsi dapat membantu mengurangi kadar asam urat yang tinggi, fungsi lainya dari antosianin dapat mencegah mengkristalnnya asam urat yang ada pada persendian. Selain itu ceri juga dapat menetralkan zat asam dan membantu mencegah peradangan dan nyeri pada sendi anda, sebaiknya lebih disarankan untuk memakan 200 gram buah ceri setiap hatinya untuk mendapatkan penyembuhan secara optimal hal ini merupakan makanan untuk penderita asam urat.


=====================================

>>> Obat Herbal Asam Urat Untuk Membantu Meredakan Pegal Linu, Nyeri Sendi Dan Membantu Menurunkan Kadar Asam Urat, Klik Detail Disni!
=====================================


This entry was posted in Makanan Pantangan Asam Urat and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *