Benarkah makan tahu dan tempe bisa memicu asam urat kambuh?

MAKANANASAMURAT.COM – Benarkah makan tahu dan tempe bisa memicu asam urat kambuh, Jika Anda mengalami gejala nyeri sendi terutama kaki dan sulit berjalan. Kemungkinan Anda mengalami gangguan asam urat. Hal ini dikarenakan kandungan asam urat yang tinggi di dalam tubuh, yang menyebabkan persendian mengalami nyeri dan bengkak. 
“Penderita asam urat perlu menghindari atau membatasi makanan yang mengandung purin tinggi. Hal ini karena purin dapat memicu kambuhnya penyakit tersebut. Tahu dan tempe merupakan jenis makanan yang mengandung purin tinggi. Karena itulah kedua makanan ini dapat memicu penyakit asam urat. UPS.”
Orang yang memiliki gangguan asam urat sebaiknya menjaga makanan yang akan dikonsumsi. Hindari makan makanan yang terbuat dari kedelai, seperti tahu dan tempe. Pasalnya, kandungan purin pada tahu dan tempe bisa memicu kambuhnya asam urat pada persendian. 

Tempe Tahu Penyebab Asam Urat Kembali

Banyak orang yang sudah mengetahui bahwa jika terkena asam urat harus benar-benar menjaga pola dan pilihan makanan yang dikonsumsi. Pasien tidak diperbolehkan makan makanan yang kaya purin. Karena kandungan purin bisa memicu kambuhnya gangguan sendi asam urat. 
Gangguan asam urat bila kambuh akan menimbulkan beberapa gejala, seperti bengkak, rasa terbakar pada persendian, dan rasa nyeri yang cukup parah hingga membuat sulit untuk bergerak. Biasanya, persendian yang terkena gangguan ini terjadi pada jari kaki dan tangan, serta pergelangan kaki dan lutut. 
Tahu dan tempe merupakan salah satu makanan yang bisa menyebabkan asam urat kambuh karena kadar purin di dalamnya cukup tinggi. Meski begitu, sebagian besar ahli menyatakan bahwa makanan berbahan dasar kedelai masih aman dikonsumsi dalam kadar yang wajar bagi penderitanya. 
Makanan lain yang mengandung purin, seperti kerang dan daging, dapat menyebabkan peningkatan kadar asam urat dalam tubuh. Namun, saat mengonsumsi tahu dan tempe, terjadi efek yang berbeda. Makanan ini memiliki risiko lebih rendah menyebabkan kristal natrium terbentuk di persendian. 
Meski begitu, tidak semua penderita asam urat bisa mengalami kekambuhan setelah mengonsumsi tahu dan tempe. Karena di dalam tahu dan tempe terdapat kandungan yang bisa meningkatkan ekskresi asam urat. Sehingga tahu dan tempe tidak selalu berperan dalam meningkatkan risiko kekambuhan penyakit. makananasamurat

Makanan Lain yang Harus Dihindari

Selain tahu dan tempe, masih banyak jenis makanan lain yang bisa menyebabkan asam urat kambuh. Untuk itu, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan tersebut agar tidak terulang kembali. Berikut beberapa makanan yang harus dihindari:

  • Merah

Daging merah, baik itu kambing atau sapi, dapat menyebabkan penyakit asam urat. Makanan ini mengandung purin yang tinggi, sehingga sangat dilarang bagi penderita asam urat. Sebaiknya ganti nutrisi pada daging merah dengan daging ayam atau ikan. 

  • Seafood atau Seafood

Anda juga harus menghindari makanan laut atau seafood, karena mengandung purin yang sangat tinggi. Seafood yang harus dihindari adalah udang, kepiting, lobster, kerang, hingga sarden. Meski begitu, Anda tetap diperbolehkan mengonsumsi ikan salmon meski dalam jumlah yang sangat sedikit.

  • Minuman Beralkohol

Alkohol memang memiliki banyak efek buruk jika dikonsumsi terlalu sering. Namun jika Anda menderita asam urat, efek negatifnya mungkin akan terasa sesaat setelah meminumnya. Untuk itu, batasi atau hindari konsumsi alkohol. 

Akhir Kata

Itulah Artikel “Benarkah makan tahu dan tempe bisa memicu asam urat kambuh?“, Semoga bisa menambah wawasan kalian yah.
(‘TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA DAN JANGAN LUPA BERKUNJUNG KEMBALI..’)

Leave a Comment