Cara Mencegah Asam Urat Berulang pada Lansia

MAKANANASAMURAT.COM – Penyakit asam urat atau gout memang rawan dialami oleh para lansia. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan penyakit asam urat menyerang orang di usia yang lebih muda.
Seringkali gejala asam urat yang dialami cukup parah, seperti yang terjadi saat serangan akut. Namun terkadang, kondisi ini tidak menimbulkan gejala, yang dikenal dengan istilah remisi.
Tidak ada obat untuk asam urat. Namun, kadar asam urat dalam tubuh bisa dikontrol. Selain pengobatan rutin, penyakit asam urat pada lansia dapat dicegah dengan menerapkan strategi berikut:

  1. Mengatur Pola Makan Sehat

Hindari makanan yang dapat memicu serangan asam urat, seperti daging merah, jeroan, dan makanan laut. Tak hanya itu, batasi konsumsi alkohol, terutama bir, brendi, dan wiski.
Konsumsi alkohol menghambat kemampuan tubuh untuk mengeluarkan asam urat, meningkatkan risiko kadar asam urat tinggi dalam tubuh, dan menyebabkan serangan.

  1. Aktif Secara Fisik

Salah satu penyebab penyakit asam urat pada lansia adalah gaya hidup yang kurang gerak atau tidak banyak beraktivitas. Oleh karena itu, aktif secara fisik dapat menjadi salah satu cara untuk mencegah penyakit asam urat.
Lakukan olahraga aktif yaitu 150 menit per minggu dengan intensitas sedang. Pada intensitas sedang, seseorang akan terengah-engah ketika mencoba mengucapkan satu kalimat.
Selain menghindari risiko asam urat, jalan kaki, berenang, atau bersepeda secara teratur juga dapat mengurangi risiko penyakit lain, seperti penyakit jantung dan diabetes.

  1. Menurunkan Berat Badan atau Mempertahankan Berat Badan Ideal

Menurunkan Berat Badan atau Mempertahankan Berat Badan Ideal
Memiliki berat badan yang sehat, melalui pola makan yang baik dan berolahraga, akan mengurangi risiko memiliki kadar asam urat yang tinggi.
Jika Anda kehilangan banyak berat badan dalam waktu singkat, ini dapat meningkatkan risiko serangan asam urat dalam jangka pendek.
Di sisi lain, menurunkan berat badan secara bertahap dalam jangka waktu yang lebih lama dapat menjadi cara yang efektif untuk menurunkan risiko asam urat.

  1. Perbanyak Konsumsi Air

Putih Asam urat pada lansia dapat dicegah dengan memperbanyak konsumsi air putih per hari. Dengan catatan, tidak ada batasan konsumsi air dari dokter karena kondisi medis, seperti penyakit ginjal.
Menjaga asupan cairan akan menjaga ginjal tetap sehat dan membantu ginjal mengeluarkan asam urat dari dalam tubuh.
Asupan cairan yang direkomendasikan per hari akan tergantung pada usia, berat badan, jenis kelamin, dan faktor lainnya. Bicaralah dengan spesialis penyakit dalam mengenai kebutuhan minum Anda sehari-hari.

  1. Mengobati Sleep Apnea

Seorang Lansia Mengalami Sleep Apnea Mengatasi sleep apnea bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah penyakit asam urat pada lansia. Meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan, beberapa bukti menunjukkan bahwa mengobati sleep apnea dapat mempengaruhi frekuensi serangan asam urat. Sleep apnea adalah gangguan tidur yang menyebabkan seseorang berhenti dan kembali bernapas berulang kali pada malam hari. pengobatan Sleep apnea biasanya menggunakan mesin CPAP, untuk meningkatkan konsumsi oksigen saat tidur. Dengan meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh, produksi asam urat dapat menurun sehingga meminimalkan risiko serangan asam urat.
Lansia dan asam urat sepertinya sudah menjadi dua hal yang sulit dipisahkan. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa. Cegah serangan asam urat di hari tua dengan tips di atas. Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, melindungi persendian, dan menerapkan pola makan yang sehat. Selain itu, amati tanda dan gejala asam urat pada lansia agar pengobatan dapat dilakukan lebih cepat.Cara Mencegah Asam Urat Berulang pada Lansia

Akhir Kata

Itulah Artikel “Cara Mencegah Asam Urat Berulang pada Lansia“, Semoga bisa menambah wawasan kalian yah.
Jangan Lupa untuk share ke teman kalian dan kerabat kalian, agar mereka juga ikut mendapatkan Wawasan Terbaru juga.
Jika Ada kekurangan atau kritik dan saran jangan sungkan untuk komentar yah, karna itu sangat membantu kami untuk menjadi lebih baik lagi.

Leave a Comment