Jangan Sekedar Membaca, Ini 8 Cara Membuat Buku Berdampak Pada Kehidupan Anda

MAKANANASAMURAT.COM – Cara Membuat Buku Berdampak Pada Kehidupan Anda Sejauh ini, sudah berapa buku yang Anda baca? Puluhan? Ratusan? Atau bahkan ribuan? hihi. Tapi, dari sekian banyak buku yang Anda baca, berapa banyak yang bisa mengubah Anda?
selaku khalayak yang bergairah, pastinya hendak terlihat transformasi dalam diri kita. Nah, tentunya kita ingin menjadi pribadi yang lebih baik alias self-upgrade. Buku bisa menjadi senjata ampuh untuk mengubah pandangan, meningkatkan keterampilan, mengubah suasana hati, bahkan mengubah diri kita sendiri.
Nah, agar bacaan Anda tidak menguap begitu saja, Wes Kao, salah satu pendiri Maven, menulis sebuah thread di Twitter-nya, bagaimana memaksimalkan hasil membaca sehingga dapat mempengaruhi kita. Kalau dia bilang, “untuk apa membaca puluhan buku kalau tidak berdampak apa-apa padamu”. Cara
Memaksimalkan Membaca Agar Berdampak pada Perubahan Diri

1. Apa tujuanmu membaca
Oke, membaca 50 buku dalam satu tahun mungkin menjadi tujuan resolusi Anda, tetapi buku apa yang Anda pilih untuk dibaca memiliki tujuan tersendiri.
Misalnya, Anda membaca buku pengembangan diri untuk mengubah perilaku atau meningkatkan keterampilan Anda. Kita juga bisa membaca novel agar bisa masuk ke kepala orang lain (menemukan pandangan baru).
Seperti buku Almond karya Sohn Won-Pyung, dimana buku tersebut mampu membuat kita mempelajari arti empati yang sebenarnya berdasarkan pengalaman hidup Yoonjae yang menderita Alexithymia, atau tidak mampu mengungkapkan emosi dan merasakannya, atau melihat emosi orang lain.

2. Anda Tidak Harus Membaca Buku Sampai Habis

Apakah Anda lelah memaksakan diri untuk menyelesaikan buku yang menurut Anda membosankan atau yang bahasanya sulit dimengerti?
Jadi, segera coba buku lain yang bikin kamu tambah semangat atau yang kamu suka, daripada nggak dapet pencerahan dari membaca buku, karena tenaga kita sudah habis untuk memaksa bacaan jadi menarik.makananasamurat.com

3. Enjoy Every Page

Pernahkah kamu merasakan seperti Anda telah membaca kalimat demi kalimat di hati Anda, tetapi pikiran Anda ada di mana-mana? Begitu kita bangun, kita akan kembali membaca bagian-bagian yang kita lewatkan tadi.
Apalagi jika Anda membaca buku untuk hiburan, manfaatkan setiap cerita yang Anda baca. kayak komik Home Sweet Loan dari Almira Bastari. Selain menghibur karena drama kehidupan empat sahabat ini mampu mengundang gelak tawa, ada juga pelajaran tentang bagaimana berjuang untuk memiliki rumah idaman yang saat ini sangat relevan dengan situasi anak-anak milenial.
Karena itu, cobalah untuk menyerap dan menikmati setiap kalimat yang Anda baca. Jangan hanya merasa harus menyelesaikan buku atau harus memenuhi sejumlah resolusi membaca. Luangkan waktu Anda dan nikmati waktu saya dengan buku bacaan yang menyenangkan ini.

4. Anda Bisa Berhenti Saat Anda Menemukan Yang Anda Butuhkan

Jika Anda tidak punya banyak waktu untuk membaca, taktik berhenti saat Anda “mendapatkan lelucon” bisa dilakukan. Apa maksudmu?
Misalnya, Anda membaca buku Talk That There Art karya seorang pakar komunikasi dari Korea Selatan untuk mendapatkan tips berbicara dan membujuk klien. Nah, setelah Anda mendapatkan tips ini dan sudah mencapai tujuan Anda dalam membaca buku, Anda bisa berhenti sejenak tanpa harus melanjutkan membaca sampai selesai. Segera terapkan ilmu yang Anda dapatkan saat ingin memenangkan hati klien.

5. Jadikan Perpustakaan Temanmu

Perpustakaan memberikan kemudahan untuk mendapatkan banyak buku, dan kamu bisa membaca buku yang kamu suka, tanpa harus merasa bersalah jika tidak kembali lagi untuk menyelesaikan bukunya nanti. Pasti ada perasaan dendam atau paksaan untuk menyelesaikan membaca, ketika kita membeli buku, tetapi tidak sesuai dengan harapan kita.
Hal yang menyenangkan dari perpustakaan sekarang adalah dapat diakses secara online. Seperti iPusnas, yang bisa meminjam e-book melalui aplikasinya. Anda juga memiliki banyak pilihan untuk membaca buku yang Anda sukai secara bersamaan.

6. Baca Ulang Buku Bagus

Wes Kao, seorang praktisi pemasaran digital, mengatakan bahwa dia telah membaca buku pemasaran favoritnya beberapa kali selama bertahun-tahun. Ini karena kita akan merasakan sensasi buku yang berbeda.
Mengapa? Meskipun isi bukunya sama, kami telah berubah. Contohnya, ketika kita membaca buku Insecurity is My Middle Name ketika kita merasa baik-baik saja, akan terasa berbeda ketika kita merasa minder dengan orang lain.
Saat perasaan begitu bergejolak karena ketidakamanan, membaca buku ini akan terasa dipeluk oleh kata-kata yang ditulis oleh Alvi Syahrin. Namun, ketika hati kita baik-baik saja, kita bahkan mungkin merasa lebih didorong dan diingatkan untuk tidak merasa minder.

7. Membaca Secara Aktif, Bukan Secara

Pasif Membaca secara pasif berarti Anda hanya membolak-balik halaman tanpa memikirkan apa yang telah Anda baca. Sedangkan membaca aktif adalah Anda mampu menghubungkan ide-ide baru yang diperoleh dengan apa yang sudah Anda miliki, bersikap skeptis atau mempertanyakan isi, dan mengevaluasi apa yang telah Anda baca.
Sayang sekali jika Anda membaca buku poin-poinnya hilang begitu saja, Anda tidak bisa menyerapnya dalam pikiran Anda. Jadi, bacalah dengan hati, otak Anda aktif membaca, bukan hanya membalik halaman.makananasamurat.com

8. Menulis Catatan dari Hasil Membaca

Cara terbaik untuk membaca aktif adalah Anda dapat menggunakan stabilo pada kalimat yang memiliki poin penting. Selain itu, Anda juga dapat membuat catatan singkat pada bagian kosong di sekitar buku. Anda juga dapat menggunakan catatan tempel untuk menandai lokasi halaman yang memiliki poin-poin penting tersebut.
Nah, cara ini juga bisa kamu lakukan untuk kamu yang suka resensi buku lho. Sehingga hal-hal yang ingin Anda tulis di review tidak terlupakan, dan memudahkan Anda dalam memberikan ide tulisan.
Bagi Anda yang ingin melatih keterampilan menulis, Jurnal Menulis cocok sebagai latihan untuk Anda mengungkapkan ide-ide yang sedang bergumul di benak Anda. Ada 100 ide latihan menulis ringan yang benar-benar bisa dilakukan di rumah, dengan materi dasar tentang bahasa, serta tips dan trik agar ide berjalan lancar. Jurnal ini bisa membantu kamu untuk konsisten dalam berlatih menulis, lho.
Delapan poin di atas semoga dapat membantu Anda untuk lebih memperhatikan buku yang Anda baca. Dengan begitu, level Anda bisa meningkat karena Anda telah menginvestasikan berbagai wawasan dari buku-buku yang Anda baca.

Akhir Kata

Itulah Artikel “Jangan Sekedar Membaca, Ini 8 Cara Membuat Buku Berdampak Pada Kehidupan Anda“, Semoga bisa menambah wawasan kalian yah.
(‘TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA DAN JANGAN LUPA BERKUNJUNG KEMBALI..’)

Leave a Comment