Obat Asam Urat yang Ampuh Meredakan Sakit dan Mencegah Kekambuhan

MAKANANASAMURAT.COM – Asam urat adalah radang sendi (arthritis) yang biasanya terjadi pada jempol kaki, lutut, pergelangan kaki, telapak kaki, pergelangan tangan, atau siku. Untuk mengobati asam urat, umumnya Anda membutuhkan obat-obatan, baik dari apotek (generik) atau dari resep dokter. Lantas, apa saja obat medis untuk mengobati asam urat? Apakah ada cara lain untuk mengobati asam urat?

Daftar obat medis untuk mengobati asam urat

urat disebabkan oleh tingginyakadar asam uratdalam tubuh. Kadar asam urat yang tinggi dapat menumpuk dan mengkristal di persendian, menyebabkan rasa sakit, bengkak, dan gejala mengganggu lainnya.
Gejala asam urat umumnya terjadi secara tiba-tiba atau sering juga disebut dengan serangan asam urat. Kemudian serangan ini dapat mereda seiring waktu dan kembali lagi di masa depan, terutama jika kadar asam urat Anda tidak terkontrol.
Oleh karena itu, pengobatan asam urat umumnya diberikan dalam dua bagian utama, yaitu untuk mengobati serangan asam urat secara tiba-tiba, dan mencegah serangan di kemudian hari. Dengan mencegah serangan tersebut, penyakit Anda dapat dikendalikan dan terhindar dari penyakit asam urat kronis dan komplikasi asam urat yang mengganggu kesehatan Anda.
Berikut ini adalah nama-nama obat yang dianggap paling efektif, baik yang dibeli di apotek maupun dari resep dokter, untuk mengobati gejala dan menurunkan kadar asam urat pada diri Anda:

  • Obat anti inflamasi nonsteroid (NSAID)

Selain Osteoartritis , NSAID juga biasa digunakan untuk mengobati serangan asam. saraf, baik menghilangkan rasa sakit dan mengurangi peradangan pada persendian. Jenis obat ini dapat mempersingkat waktu serangan, terutama jika diminum dalam 24 jam pertama setelah serangan. Karena itu, obat NSAID perlu diminum segera setelah Anda merasakan gejala apa pun muncul.

Jangan Osteoporosis!

Cegah keropos tulang atau masalah otot dengan mengikuti buletin kami.
Anda dapat menemukan beberapa NSAID generik untuk mengobati asam urat di apotek, seperti ibuprofen atau naproxen. Namun, untuk kasus yang lebih parah, Anda mungkin memerlukan NSAID yang lebih kuat, seperti indometasin atau celecoxib. Namun, nama kedua obat ini hanya bisa didapatkan dari resep dokter dan sering diberikan untuk mengobati serangan asam urat akut.
Meski bisa dibeli bebas di apotek, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya. Pasalnya, obat NSAID dapat berinteraksi dengan obat lain yang mungkin sedang Anda konsumsi. Selain itu, obat ini juga dapat menimbulkan efek samping yang berkaitan dengan sistem pencernaan jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

  • Kolkisin

Kolkisin adalah obat yang dapat membantu meredakan nyeri sendi dengan mengurangi peradangan yang disebabkan oleh pembentukan kristal urat. Obat ini umumnya digunakan dalam dua kondisi.
Pertama, colchicine diambil dalam dosis tinggi dan bersama dengan NSAID ketika serangan asam urat terjadi. Pada kondisi ini, obat colchicine harus diminum segera setelah serangan asam urat datang untuk membantu meringankan gejala tersebut.
Kedua, colchicine diminum dalam dosis rendah dan jangka panjang setelah serangan asam urat mereda. Dalam kondisi ini, obat colchicine bertujuan untuk mencegah serangan asam urat terjadi di masa depan.
Namun, obat colchicine juga berisiko mengalami efek samping, seperti mual, muntah, diare, atau sakit perut. Selain itu, obat ini tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat yang memiliki penyakit ginjal kronis.makananasamurat

  • Steroid

Jika Anda berisiko mengonsumsi NSAID atau colchicine, atau kedua obat tersebut tidak bekerja secara efektif pada Anda, dokter Anda mungkin akan meresepkan steroid untuk mengobati asam urat Anda. Steroid atau kortikosteroid, seperti prednison, adalah obat kuat untuk mengendalikan peradangan dan nyeri sendi yang parah.
Obat jenis ini umumnya diberikan saat Anda mengalami serangan asam urat akut, dan tidak boleh digunakan dalam jangka panjang. Bisa dalam bentuk pil atau tablet yang diminum dalam beberapa hari atau suntikan langsung ke area sendi yang terkena. Oleh karena itu, meskipun obat ini tersedia di apotek, Anda harus menebusnya dengan resep dokter.
Meski dianggap lebih manjur, obat steroid juga bisa menimbulkan efek samping, seperti perubahan suasana hati dan peningkatan gula darah serta tekanan darah. Obat steroid injeksi dapat menyebabkan kerusakan pada ligamen dan tulang rawan jika digunakan terlalu sering.

  • Allopurinol

Allopurinol adalah golongan obat penghambat xanthine oxidase, yang ditujukan untuk mencegah serangan asam urat berikutnya. Allopurinol bekerja dengan cara mengurangi produksi asam urat yang berlebihan, sehingga dapat menjadi salah satu cara untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh Anda.
Obat penurun asam urat ini tersedia di apotek, tetapi Anda harus mendapatkannya dengan resep dokter. Awalnya, dokter akan memberi Anda allopurinol dosis rendah, kemudian Anda bisa meningkatkannya secara bertahap hingga Anda mendapatkan dosis yang tepat.
Dilansir dari Versus Arthritis, hal ini penting dilakukan agar tidak memicu serangan asam urat. Selain itu, dokter juga memastikan bahwa Anda hanya mendapatkan dosis rendah yang cukup untuk mengontrol kadar asam urat Anda.
Namun, allopurinol dapat menyebabkan efek samping seperti ruam dan jumlah darah rendah. Obat ini tidak dianjurkan bagi mereka yang memiliki masalah dengan ginjal.

  • Febuxostat

Sama seperti allopurinol, febuxostat juga merupakan obat penghambat xanthine oxidase, yang bekerja dengan cara menurunkan kadar asam urat berlebih dalam tubuh. Namun, obat ini umumnya diberikan jika Anda tidak bisa mengonsumsi allopurinol atau tidak bisa mengonsumsi allopurinol dosis tinggi.
Obat penurun asam urat ini tidak bisa dibeli bebas di apotek. Pasalnya, pemberian febuxostat harus bertahap, dari dosis rendah hingga dosis tinggi, apalagi bila dosis rendah tidak cukup untuk menurunkan kadar asam urat.
Selain itu, febuxostat lebih cenderung memicu serangan asam urat saat pertama kali Anda meminumnya. Oleh karena itu, dokter umumnya juga akan memberikan NSAID atau colchicine dosis rendah untuk diminum selama enam bulan pertama saat Anda mulai mengonsumsi febuxostat.
Obat asam urat ini tidak boleh diminum bersamaan dengan 6-mercaptopurine (6-MP) atau azathioprine. Penggunaan febuxostat juga akan menimbulkan efek samping, seperti ruam, mual, penurunan fungsi hati, dan peningkatan risiko kematian terkait jantung.

  • Probenecid

Probenecid adalah obat yang bekerja dengan meningkatkan kemampuan ginjal untuk membuang kelebihan asam urat dari tubuh Anda melalui urin. Ini dapat membantu Anda menurunkan kadar asam urat dalam darah dan mencegah kambuhnya asam urat.
Obat probenesid biasanya diberikan ketika allopurinol dan febuxostat tidak dapat dikonsumsi atau tidak efektif untuk Anda. Namun, pada kondisi tertentu, obat penurun asam urat ini juga bisa digunakan bersamaan dengan allopurinol dan febuxostat.
Di sisi lain, obat ini pun umumnya tidak dapat digunakan jika Anda memiliki masalah dengan ginjal, terutama batu ginjal. Pasalnya, dengan mendorong kemampuan ginjal untuk menyaring asam urat, hal ini juga dapat meningkatkan risiko terbentuknya batu ginjal.
Selain probenesid, obat serupa yang biasa diresepkan oleh dokter, yaitu Lesionurad. Konsultasikan dengan dokter Anda tentang jenis obat yang tepat.makananasamurat

  • Pegloticase

Pegloticase merupakan enzim yang dapat mengolah asam urat menjadi allantoin, yang kemudian akan dikeluarkan oleh tubuh melalui urin. Jenis obat ini diberikan ketika obat lain tidak dapat menurunkan kadar asam urat Anda.
Di sisi lain, pemberian pegloticase merupakan salah satu cara untuk menurunkan asam urat dengan cepat. Pasalnya, obat ini diberikan melalui infus setiap 2 minggu sekali. Oleh karena itu, obat asam urat ini tidak dapat dibeli secara bebas di apotek.
Namun, Anda tidak boleh diobati dengan pegloticase jika Anda alergi terhadap zat di dalamnya. Anda juga tidak akan diberi resep obat ini jika dokter Anda menemukan bahwa Anda memiliki kekurangan enzim glukosa-6-fosfat dehidrogenase (G6PD).
Selain itu, Anda mungkin juga akan diberikan obat lain, seperti steroid atau antihistamin untuk membantu mencegah reaksi alergi. Anda juga akan dipantau secara ketat untuk mengetahui perkembangan reaksi tubuh Anda terhadap infus.

Akhir Kata

Itulah Artikel “Obat Asam Urat yang Ampuh Meredakan Sakit dan Mencegah Kekambuhan“, Semoga bisa menambah wawasan kalian yah.
(‘TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA DAN JANGAN LUPA BERKUNJUNG KEMBALI..’)

Leave a Comment