Pantang Asam Urat! Salah Satu Penyakit Radang Sendi Yang Menyakitkan

MAKANANASAMURAT.COM – Pantang Asam Urat! Asam urat adalah salah satu penyakit radang sendi yang menyakitkan. Asam urat umumnya menyerang persendian kecil jari tangan atau kaki, terutama ibu jari. Gejala asam urat mungkin tidak muncul sama sekali selama bertahun-tahun, atau memburuk dalam hitungan bulan. Tidak ada obat untuk asam urat, tetapi jika asam urat Anda dikendalikan secara efektif, baik melalui pengobatan atau manajemen gaya hidup, maka Anda dapat menjalani kehidupan yang bebas dari serangan asam urat akut. Ada beberapa pantangan asam urat yang wajib Anda ketahui, berikut penjelasannya!

Serangan Takut asam urat

Serangan asam urat akan muncul tiba-tiba dan bisa berlangsung selama berhari-hari atau berminggu-minggu. Asam urat hanya akan menyerang satu sendi dalam satu waktu. Asam urat sering mempengaruhi sendi kecil, seperti jempol kaki atau tangan, sendi jari tangan atau kaki, dan dalam kasus yang sangat jarang terjadi, pergelangan kaki dan lutut. Gejala pada persendian termasuk sakit parah, bengkak, kemerahan, dan sensasi terbakar. Gejala yang membedakan asam urat dari bentuk radang sendi lainnya adalah keparahan serangan asam urat dengan cepat, parah, dan tanpa peringatan, dan kulit di atas sendi yang terkena akan terasa sakit saat disentuh. Gejala asam urat yang khas mencakup semua atau beberapa kombinasi dari gejala berikut:

  • Rasa sakit yang berlebihan dan kepekaan terhadap sentuhan kulit.
  • Terjadi pembengkakan dan iritasi pada persendian akibat kristal asam urat.
  • Kemampuan fungsi sendi menurun dan rentang gerak menjadi terbatas.
  • Perubahan warna kulit menjadi merah dan hangat saat disentuh.
  • Susah tidur karena nyeri yang tiba-tiba kambuh.PANTANG ASAM URAT!

Gejala asam urat biasanya hilang dalam beberapa hari atau minggu, tetapi gejala asam urat tidak boleh dibiarkan begitu saja. Seiring waktu, asam urat bisa menjadi penyakit kronis dan dapat menyebabkan kerusakan sendi permanen. Dalam kasus tertentu, asam urat bahkan dapat menumpuk di ginjal dan menyebabkan kristal/batu asam urat.

Penyebab asam urat

terjadi karena penimbunan kristal asam urat di dalam tubuh; Kondisi ini dikenal sebagai hiperurisemia. Asam urat timbul karena pemecahan protein yang kita konsumsi dari makanan menjadi purin. Pengeluaran purin yang terganggu pada asam urat menyebabkan terjadinya penumpukan purin di dalam tubuh yang akan membentuk kristal asam urat. Kristal asam urat dalam jumlah besar akan menumpuk di persendian dan ginjal. Hiperurisemia tidak sering menimbulkan asam jalur, serta hiperurisemia tanpa pertanda asam jalur tidak harus diatasi. Para ahli menemukan banyak penyebab dan faktor risiko munculnya asam urat. Penyebab atau faktor risiko penyakit asam urat antara lain:

  1. Jenis kelamin, para ahli memperkirakan bahwa pria 4 sampai 10 kali lebih mungkin terkena asam urat dibandingkan wanita. Risiko seorang wanita terkena asam urat meningkat selama menopause.
  2. Usia, banyak orang mengalami asam urat antara usia 30 dan 50 tahun dan risiko asam urat terus meningkat seiring bertambahnya usia. Diperkirakan kurang dari 3% pria di bawah usia 50 tahun dan hampir 12% pria berusia 70 hingga 79 tahun pernah mengalami asam urat.
  3. Ras, pria Afrika-Amerika memiliki risiko dua kali lipat terkena asam urat dibandingkan pria dari ras lain.
  4. Riwayat penyakit dalam keluarga, penelitian menunjukkan bahwa gen tertentu dapat meningkatkan risiko terkena asam urat. Gen dapat membuat tubuh lebih rentan untuk membangun asam urat dan mengembangkan kristal asam urat yang menyebabkan asam urat.
  5. Kelebihan berat badan, seseorang yang kelebihan berat badan memiliki risiko lebih besar terkena asam urat. Mereka juga lebih mungkin mengembangkan asam urat pada usia yang lebih muda.
  6. Diet, risiko serangan asam urat meningkat dengan kebiasaan mengonsumsi alkohol dan makanan tinggi purin.

Pantang asam urat

Prinsip pantang bukan berarti Anda sama sekali tidak boleh mengonsumsi makanan tertentu; yang penting kurangi jumlah dan frekuensi konsumsinya. Berbicara tentang pantangan asam urat, tentunya tidak jauh dari makanan pemicu asam urat. Ada banyak jenis makanan penyebab asam urat. Banyak makanan yang mengandung purin yang perlu dihindari karena bisa menyebabkan asam urat. Makanan yang dianggap memiliki kandungan purin tinggi antara lain:

  1. Beberapa jenis makanan laut antara lain kerang, cumi-cumi, remis, udang, kepiting, dan telur ikan.
  2. Beberapa jenis produk hewani seperti keju, krim (termasuk roti dan kue yang mengandung produk tersebut), daging dan segala jenis jeroan.
  3. Produk makanan yang mengandung ragi seperti tape, roti, dan kue-kue tertentu.
  4. Minuman yang mengandung alkohol.

Makanan yang dianggap memiliki kadar purin sedang antara lain:

  • Semua jenis sayuran yang lunak dan mudah pecah saat dimasak, seperti jengkol, petai, melinjo, asparagus, bayam, kacang hijau, jamur, dan kembang kol.
  • Kacang merah, lentil dan kacang lima.PANTANG ASAM URAT!

Cara mengobati asam urat Cara mengobati asam urat terutama didasarkan pada pengaturan pola makan dan gaya hidup. Tujuan utama penggunaan obat pada asam urat adalah untuk menghentikan serangan akut sekaligus mengurangi rasa sakit yang parah, pembengkakan, kehangatan, dan kemerahan. Perawatan yang tepat akan membuat sakit asam urat dan gejala lainnya terkendali dalam waktu 24 jam dan benar-benar hilang dalam hitungan hari. Setelah rasa sakit hilang, tujuan minum obat secara teratur adalah untuk menghilangkan timbunan asam urat dalam tubuh Anda.
Pemberian ibuprofen, naproxen, dan obat anti inflamasi nonsteroid (NSAID) lainnya dapat membantu meredakan nyeri akibat serangan asam urat. Obat ini harus segera diminum saat sakit asam urat menyerang. melainkan itu, obat colchicine yaitu obat yang setidaknya efisien dalam menyembuhkan asam jalur. Bukti ilmiah menunjukkan bahwa colchicine dapat mengurangi nyeri asam urat, pembengkakan, dan peradangan dalam waktu 36 jam setelah meminumnya. Namun, penggunaan obat ini sangat dianjurkan setelah berkonsultasi dengan dokter.
Hal ini karena setelah serangan asam urat akut menghilang, dalam waktu 1-2 minggu setelah itu, sebaiknya Anda mengonsumsi obat jenis lain untuk mengurangi timbunan asam urat yang sudah terbentuk di tubuh Anda.
Asam urat adalah penyakit sendi yang menyakitkan. Asam urat banyak menyerang pada pria dan seseorang yang berusia 50 tahun ke atas. Pantang asam urat cukup banyak, terutama terkait makanan dan minuman yang mengandung kadar purin tinggi. Jika Anda mengalami gejala asam urat, segera konsultasikan ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Akhir kata

Itulah Artikel “Pantang Asam Urat! Salah Satu Penyakit Radang Sendi Yang Menyakitkan“, Semoga bisa menambah wawasan kalian yah.
Jangan Lupa untuk share ke teman kalian dan kerabat kalian, agar mereka juga ikut mendapatkan Wawasan Terbaru juga.
Jika Ada kekurangan atau kritik dan saran jangan sungkan untuk komentar yah, karna itu sangat membantu kami untuk menjadi lebih baik lagi.

Leave a Comment