Tenang, berikut cara mengatasi body shaming secara positif!

MAKANANASAMURAT.COM – Cara mengatasi body shaming secara positifSaat menghadiri acara keluarga atau reuni, tidak jarang orang mengatakan “Ya ampun, kamu lebih subur, bukan?” Jadi beginilah tubuh langsing.” Berbicara secara sadar atau tidak, biasanya orang yang berbicara seperti ini menganggapnya hanya basa-basi atau hanya bercanda.
Padahal kata-kata itu bisa berdampak buruk bagi seseorang yang menerima perkataan tersebut lho. Hal ini bisa membuat orang minder dan tidak percaya diri dengan
tubuhnya.body shaming adalah perilaku yang menjelek-jelekkan penampilan orang lain,atau membandingkan kondisi fisik seseorang dengan orang lain.Yang lebih menyedihkan lagi, terkadang orang tidak menyadarinya, merasa tidak sengaja, atau tanpa niat untuk menempatkannya. orang lain down.sebuah
studi dari Journal of Behavioral Medicine menyebutkan perubahan sikap akibat body shaming bisa membuat orang mudah tersinggung, pendiam, malas makan, bahkan depresi. menerima kata-kata ini untuk menyakiti dan memperburuk kesehatan mental mereka.
Body shaming bisa terjadi di mana saja, bisa secara langsung atau online di media sosial. Ini juga bisa terjadi pada siapa saja tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Mulai dari kata f pada tubuh, kurus, pendek, hidung mancung, kulit hitam, wajah berjerawat, bulu seluruh tubuh, stretch mark, dan lain-lain yang terdengar merendahkan.

Hal Tidak Sadar yang Termasuk Body Shaming

Hampir semua orang mungkin pernah merasa terhina dengan penampilannya (Boss Dewa Peri dalam Suara.com, 2021). Karena biasanya orang akan merasa hanya sekedar memberi nasehat untuk penampilan yang lebih baik. Dan ternyata, kata-kata body shaming juga bisa terjadi pada diri sendiri lho. Inilah saat kita memberikan cap atau komentar negatif terhadap penampilan kita sendiri.
Ini adalah kalimat yang tampaknya tidak memiliki niat buruk, tetapi ternyata menjadi tindakan body shaming.

  1. “Kamu benar-benar ingin makan semua itu?”
  2. “Sungguh enak kamu bisa makan banyak”
  3. “Aku harus berhenti makan terlalu banyak”
  4. “Ugh, aku
  5. menjadi sangat gemuk sekarang” “Mengapa kamu menjadi sangat kurus? Jangan lupa pakai sunblock nanti ya?”

Tidak ada yang tahu perjuangan setiap orang untuk tubuh mereka sendiri. Setiap orang memiliki metabolisme yang berbeda, setiap orang dapat mencicipi makanan apa saja, setiap orang dapat melakukan apa yang menurut mereka baik untuk tubuh mereka. Jangan biarkan kami menilai keputusan orang lain tentang pilihan yang mereka buat untuk tubuh mereka.makananasamurat.com

Cara Mengatasi Body Shaming

Yap, mungkin orang tidak bermaksud jahat, atau bahkan bermaksud baik untuk memberi nasihat. Namun terkadang rasanya tidak enak bukan ketika kita menerima kata-kata seperti itu? Nah, untuk mengurangi rasa malu dan tidak nyaman di hati Anda, berikut ini yang bisa Anda lakukan setelah mendapatkan body shaming dari seseorang yang telah Admin himpun dari berbagai sumber khusus untuk Anda.

Menghargai dan Menerima Diri Sendiri

Tidak ada orang yang sempurna. Meski penampilan orang lain lebih baik, bukan berarti kamu di bawah mereka. Memiliki tubuh gemuk, kulit gelap, bukanlah hal yang buruk. Dan Admin yakin, kamu punya bakat dan kelebihan lain yang tidak kalah keren dari penampilan orang lain.
Dengan berfokus pada hal-hal positif dalam hidup kita, rasa syukur akan tumbuh, dan Anda akan dapat menerima diri sendiri dan mencintai diri sendiri pada saat yang sama. Jangan pernah membuat kesan negatif pada diri sendiri, yang akan membuat Anda kurang percaya diri.
Jika ada yang perlu diperbaiki, jadikan perasaan negatif itu sebagai motivasi Anda untuk memperbaikinya. Namun jika tidak bisa diperbaiki, Anda harus belajar menerimanya apa adanya, dan mengembangkan hal lain untuk menutupi kekurangan tersebut.

Ubah Pola Pikir dan Cara Berbicara pada Diri Sendiri

Mulailah menanamkan sikap positif dari diri sendiri. Cintai dirimu, dan terima apa adanya, dengan begitu kamu tidak lagi membandingkan dirimu dengan orang lain. Tolong, jangan menilai diri sendiri. Menjelek-jelekkan dan memarahi diri sendiri hanya akan membuat Anda terlihat buruk pada diri sendiri.
Jika Anda seperti itu, body shaming justru akan berdampak lebih buruk, dan Anda akan semakin sulit menerima pujian atau kata-kata positif dari orang lain. Anda akan terus dihantui oleh rasa tidak aman.
Coba ucapkan “Saya mencintai diri sendiri” setiap hari dengan tulus untuk meningkatkan kekuatan menghadapi body shaming dan menangkal energi negatif lainnya. Jika Anda berhasil mencintai diri sendiri, apa pun yang dikatakan orang lain tidak akan menyakiti Anda lagi. Karena Anda telah membangun hubungan yang sehat dengan tubuh Anda sendiri, Anda tidak lagi membandingkan diri Anda dengan orang lain.

Belajarlah untuk Memaafkan

Apa yang orang lain katakan mungkin membuat Anda sakit. Namun menyimpan dendam di hati juga tidak baik untuk kesehatan mental. Daripada merasa seperti mengganggu hidup Anda, lebih baik mencoba memaafkan agar pikiran Anda juga menjadi lebih tenang.
Abaikan kata-kata buruk mereka. Anggap saja sebagai bentuk kepedulian mereka atau mereka iri dengan kita yang begitu bahagia dengan diri kita sendiri. Balas saja dengan positif, dan kamu tidak lagi terpancing dengan ejekan body shaming.makananasamurat.com

Lakukan Hal-Hal yang Bermanfaat dan Kelilingi Diri Anda dengan Lingkungan yang Positif

Daripada diam-diam memikirkan hal-hal buruk yang datang dari orang lain, lebih baik cari kegiatan lain yang bermanfaat untuk mengembangkan diri. Seperti mengikuti kursus, bergabung dengan komunitas, atau bekerja untuk mendapatkan pundi-pundi Rupiah, hihi.. Tunjukkan bahwa Anda lebih baik dari mereka yang body shaming Anda.
Dikelilingi oleh orang-orang negatif yang suka menghabiskan waktu mengomentari orang lain, hanya akan membuat Anda semakin terpuruk dalam dunia ketidakamanan Anda. Lepaskan diri Anda dari lingkungan yang beracun, dan perluas pergaulan Anda dengan lingkungan yang lebih positif.

Hikmah Media Sosial

Segera unfollow akun-akun negatif agar hidupmu lebih baik dan bebas dari ucapan yang menghina. Follow akun-akun yang memberikan manfaat besar untuk membuatmu lebih menerima, menghargai, mencintai, dan mengupgrade diri.
Anda juga bisa mensosialisasikan dampak body shaming di media sosial Anda, mengajak orang lain untuk berhenti mengkritik penampilan orang lain, agar masyarakat sadar akan dampak buruk body shaming.

Akhir Kata

Itulah Artikel “Tenang, berikut cara mengatasi body shaming secara positif!“, Semoga bisa menambah wawasan kalian yah.
(‘TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA DAN JANGAN LUPA BERKUNJUNG KEMBALI..’)

Leave a Comment