Tips Membacakan Buku Cerita untuk Anak Agar Bermanfaat Maksimal

MAKANANASAMURAT.COM – Semua orang pasti setuju bahwa membacakan buku untuk anak memiliki banyak manfaat. Salah satunya, sangat baik untuk perkembangan anak jika sudah terbiasa membaca buku. Nah, membacakan buku cerita untuk anak ternyata bisa merangsang perkembangan otak, terutama dalam penguasaan kosakata, pengucapan bahasa, dan kemampuan komunikasi yang lebih baik.
Buku cerita memiliki nilai-nilai positif yang terkandung di dalamnya. Dengan membacakan buku cerita kepada anak, orang tua dapat terbantu dalam menanamkan pesan moral. Jadi, agar anak terus mengingat pesan dalam ingatannya, bacalah buku sesering mungkin.
Dikutip dari beberapa sumber, agar manfaat membacakan buku bagi anak lebih maksimal, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

3 Tips Membacakan Buku Cerita Pada Anak Agar Manfaatnya Maksimal

1. Perhatikan Artikulasi dan Intonasi Suara (Read Aloud)

Anak-anak terutama balita akan lebih suka mendengar cerita yang memiliki ritme. Jadi, jangan hanya membaca kalimat, tetapi bacalah dengan artikulasi yang jelas dan lantang. Bisa juga diartikan membaca dengan lantang, atau membaca buku dengan lantang dan jelas.
Membaca nyaring memiliki banyak manfaat baik untuk perkembangan anak, baik dalam membaca, menulis, mendengarkan, bahkan berbicara. Saat membacakan cerita, jangan lupa untuk menunjuk setiap kata dan kalimat yang sedang kita baca, agar otak anak dapat menyerap cara membaca dari sebuah kata dan huruf.
Saat membaca sebuah cerita, gunakan intonasi yang berbeda menggunakan nada suara yang benar. Kemudian, sesuaikan dengan cerita yang diceritakan. Misalnya, jika karakter sedang marah dan berteriak, katakan dengan nada tinggi. Dengan begitu, anak-anak dapat belajar mengucapkan kata-kata yang tepat dan menangkap jalan dan makna cerita yang benar.

2. Sesuaikan Ekspresi

Memberi sedikit dramatisasi saat membaca buku, bisa membuat anak lebih tertarik dan bersemangat untuk mendengarkannya. Pasangkan ekspresi wajah sesuai dengan adegan yang dilakukan pada karakter di buku cerita, misalnya saat karakter sedang sedih, Anda bisa ikut serta dengan wajah murung saat membacanya.makananasamurat.com

3. Beri Anak Kesempatan Bertanya

Dengan anak bertanya ketika kita membaca sebuah cerita, itu berarti dia sedang mendengarkan dan merupakan tanda bahwa dia sedang mencoba untuk menginterpretasikan cerita dalam imajinasinya. Manfaat membaca buku adalah melatih anak berimajinasi dan merangsang kreativitasnya.
Kemampuan berpikir anak juga terasah, karena dengan bertanya berarti kemampuan menalar mereka berjalan, memperhatikan, dan mampu menggunakan kata-kata dalam berkomunikasi. Hal ini merupakan bekal positif bagi anak untuk bersosialisasi.

Akhir Kata

Itulah Artikel “Tips Membacakan Buku Cerita untuk Anak Agar Bermanfaat Maksimal“, Semoga bisa menambah wawasan kalian yah.
(‘TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA DAN JANGAN LUPA BERKUNJUNG KEMBALI..’)

Leave a Comment